KUJANG

KUJANG adalah sebilah senjata tajam genggam khas Sunda klasik. Dikenal pula dengan sebutan KUJANG PAJAJARAN, sebab selama berdirinya kerajaan Sunda, pada periode kekuasaan Pakuan Pajajaran yang demikian mencuat kejayaan dan ketenarannya, yakni ketika diperintah oleh seorang raja agung, Prabu Sri Baduga Maharaja Ratu Aji Di Pakuan Pajajaran yang lebih dikenal dengan Sang Prabu SILIWANGI yang memerintah pada tahun 1482 – 1521 M.
Secara simbolisme, kujang berupa penanda karakter etnik Sunda yang “tabu pandai perang, tapi mesti pandai jika diperangi”. Inilah melatari sosok bilah senjata Kujang yang selalu berukuran kecil dan ramping. Dalam segi penggunaannya, bukan untuk menyerang dengan menebas dan membacok, namun hanya untuk membela diri dengan cara menangkis, menusuk atau menikam dari jarak dekat apabila mendapat serangan.
Sealur dengan konteks budaya suku-suku bangsa Indonesia yang manganut system budaya monologisme (cultural monologism), etniik Sunda memandang pula senjata Kujang sebagai salah satu icon dengan sebutan Kujang Pusaka yang mengandung filosofis “KUJANG DUA PANGADEKNA” (kujang tajam dikedua sisinya). Hal ini terkandung makna bahwa setiap orang Sunda mesti benar-benar berguna bagi jati diri budayanya, komunitas bangsa dan negaranya. Hal ini “barangkali saja” sama dengan dengan entitas senjata BADIK dari Bugis, RENCONG dari Aceh, MANDAU dari Dayak, atau KERIS dari kalangan etnik Jawa, dll.
Dalam kajian etnosentris positif, Kujang salah satu benda pusaka warisan budaya (culture heritage) Leluhur Sunda, sampai kini tetap eksis dalam segmen budaya Komunitas Sunda, sejajar dengan etnik nusantara lainnya dalam lingkup BHINEKA TUNGGAL IKA.

Tepas Siloka, Oktober 2008

Anis Djatisunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: