JENIS KUJANG

Pada saat diskusi panjang, dari beberapa masukan dan narasumber, jenis kujang mencapai lebih dari 20 jenis, sebagian besar hasil penamaan dari para pemilik/kolektor kujang itu sendiri, mungkin karena melihat bentuk/rupa kujang yang unik.

Dari sumber Pantun Bogor , hanya ada 6(enam) jenis kujang, yaitu CIUNG, KUNTUL, JAGO, NAGA, BANGKONG dan BADAK,  ada tambahan 1(satu) dari sumber lain yaitu Kujang WAYANG.

Semula saya berkeberatan masuk nya Kujang Wayang, alasannya dahulu Wayang bukan seni budaya Sunda-Galuh-Pajajaran,  kalaupun ada berupa wayang Golek,  sedang Kujang Wayang serupa dengan salahsatu tokoh yang ada pada Wayang Kulit, entah siapa namanya tidak ada keterangan.   Dan semua jenis Kujang yang bersumber dari Pantun Bogor memiliki arti masing-masing , siapa dan apa tingkatan sosial pemegangnya.  Pada Kujang Wayang tidak ada.  

Tetapi karena banyak para kolektor memiliki dan juga banyak tersimpan di semua museum, maka Kujang WAyang termasuk salah satu JENIS Kujang.

Kujang Wayang diperkirakan dibuat oleh para Mpu/Guruteupa dari wilayah Cirebon yang sedikit kental dengan seni budaya dari Jawa nya.

koleksi kuno kujang kuno.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: