KUJANG DI PATEN KAN

Untuk mencegah tindakan klaim dari pihak ketiga di Indonesia atau dari pihak-pihak diluar Indonesia, maka pemerintah Jawa Barat merasa perlu untuk melakukan perlindungan KUJANG sebagai karya budaya luhur yang sudah melekat dengan sosok manusia Sunda dan identitas budaya yang melekat pada Provinsi Jawa Barat,  maka pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan membentuk Tim Gugus HKI Khusus Kujang yang dikuasakan kepada Kunsultan HKI dipimpin oleh sdr. R.Rizky A. Ardiwilaga, SH.  pada pertengahan tahun 2012.

Panitia bekerja sungguh-sungguh, banyak nara sumber yang terdiri dari akademisi, praktisi, sejarawan, seniman, kolektor benda kuno, dan tokoh-tokoh Sunda yang di undang untuk diskusi, diantaranya ;

Khusu Kujang : Wahyu Affandi Suradinata, BSc ( GuruTeupa ), Dr. Tedi Permadi, S.S, M.Hum ( Pemerhati Kujang / Dosen UPI ), Aris Kurniawan, M.Sn. ( Kolektor Kujang / Dosen ITENAS ).

Sejarawan & Arkeolog :  Prof.DR. Nina Herlina Lubis, M.S.  Prof. DR. Agus Aris Munandar,  DR.Elis Suryani NS. M.S.,  DR.Wanny Raharjo.,  dll.

Waktu yang diperkirakan hanya satu tahun menjadi satu tahun lebih, karena alotnya diskusi.

Kesimpulan :  Hampir 90% data-data tentang kujang didapat dari sumber PANTUN BOGOR yang makalahnya sempat dibuat dan disampaikan oleh Almarhum ANIS JATISUNDA pada November 2000 silam di Museum Sri Baduga Bandung.   Diantara nya ada 7(tujuh) jenis kujang yaitu Kujang Ciung, Kujang Kuntul, Kujang Jago, Kujang Naga, Kujang Bangkong, Kujang Badak, dan terakhir Kujang Wayang.

Dari kerja keras itu , pertengahan tahun 2014 kujang sudah mendapat sertifikat HKI dari KeMenHUKHAM dan terdaftar di UNESCO.

Diskusi Kujang + Tedi PermadiiJAtinangor.3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: