PENDAHULUAN

BANGKONGSEUNEUKujang adalah salahsatu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dan merupakan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang harus terus di sosialisasikan kepada masyarakat agar tetap lestari dan menjadi bagian identitas Sunda khususnya, masyarakat Jawa Barat umumnya.

Kujang sampai saat ini sudah menjadi salah satu ICON Jawa Barat. 

Sebelumnya saya sama sekali tidak memahami tentang KUJANG , apalagi membuatnya. Tetapi setelah saya menemukan kujang “kuno” dan banyak bertanya tentang hal itu kepada guru kami yaitu ANIS JATISUNDA (alm.) seorang Budayawan Jawa Barat, mulai ada ketertarikan dan hingga saat ini , membuat kujang sudah menjadi profesi akhir hidup saya.

Karena selalu banyak orang yang bertanya mengenai “sejarah” dan mengapa saya menyenangi pekerjaan membuat kujang, maka saya menulis tentang kujang sebagai bahan pengetehuan bagi generasi muda yang memang literatur mengenai kujang sangat minim dan kuang akurat sumbernya.

Leave a Reply

